Kamis, 05 Maret 2015

Mesin Perkakas ( mesin milling)

MILLING



Mesin Milling adalah mesin yang berfungsi untuk membuat benda perkakas, dimana benda kerjanya (materialnya) diam dan mata pahatnya yang bergerak. mata pahat yang dipakai berbentuk seperti mata bor akan tetapi mempunyai sedikti perbedaan yaitu dilihat dari ujung mata pahatnya sendiri. Ujung mata pahat milling mempunyai tekstur datar yang berfungsi untuk meratakan dan bukan untuk melubangi.
Mesin milling mempunyai 3 sumbu koordinat, yaitu x, y (tempat meletakkan benda kerja) dan z (sumbu poros tool). Kecepatan putar mata pahat milling bervariasi mulai dari RPM rendah hingga RPM yang sangat tinggi. RPM rendah biasanya digunakan pada awal dan proses pembentukan alat yang dibuat. Kemudian pada  waktu akhir (finishing), RPM dinaikkan untuk memperhalus benda yang dibuat.
PAHAT MESIN FRAIS

JENIS-JENIS MESIN FRAIS

Mesin Frais Horizontal

Adalah mesin frais yang poros utamanya sebagai pemutar dan pemegang alat potong pada posisi mendatar.

Mesin ini termasuk type knee, namum bentuknya sama dengan mesin frais universal. Biasanya digunakan untuk mengerjakan permukaan datar dan alur. Type lain dari mesin ini adalah mesin frais type bed. Type bed ini lebih kuat karena meja mesin ditahan sepenuhnya oleh sadel yang terpasang pada lantai.

Mesin Frais Vertikal

Adalah mesin frais dengan poros utama sebagai pemutar dengan pemegang alat potong dengan posisi tegak.

Poros utama mesin frais tegak di pesang pada kepala tegak (vertical head spindle). Posisi kepala ini dapat dimiringkan kearah kiri atau kanan maksimal 600. Biasanya mesin ini dapat mengerjakan permukaan bersudut, datar, beralur, melobang dan dapat mengerjakan permukaan melingkar atau bulat.

Mesin Frais Universal

Adalah mesin yang pada dasarnya gabungan dari mesin frais horizontal dan mesin frais vertikal.mesin ini dapat mengerjakan pekerjaan pengefraisan muka, datar, spiral, roda gigi, pengeboran dan reamer serta pembuatan alur luar dan alur dalam. Untuk melaksanakan pekerjaannya mesin frais dilengkapi dengan peralatan yang mudah digeser, diganti dan dipindahkan. Peralatan tambahan etrsebut berupa meja siku (fixed angular table), meja miring (inclinable universal table), meja putar (rotery table) dan kepala spindel tegak (vertical head spindel).

 Bagian-bagian mesin Frais


Bagian – bagian mesin Frais

Mesin ini terdiri dari badan atau kolom yang menyangga ram. Pada bagian depan kolom dipasang batang bimbing (guide) slide ways sehingga lutut (knee) yang ditumpu oleh batang ulir bergerak naik-turun secara lurus. Diatas lutut dipasang pelana (sddle) yang bergerak kemuka dan kebelakang sepanjang guide. Diatas pelana dipasangkan meja yang dapat bergerak ke kiri dan ke kanan agar lutut dapat bergerak naik turun, pelana bergerak maju mundur dan meja bergerak ke kiri dan ke kanan. Tujuan dari gerakan-gerakan pada mesin Freis untuk memenuhi gerak umpan (feeding) tetapi juga untuk memudahkan dalam menentukan posisi pahat terhadap benda kerja sebelum proses pemotongan dilakukan.

sumber :  https://temonsoejadi.wordpress.com/2012/12/02/turning-and-milling/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar